The Alien

Para ilmuwan menemukan cara membuat darah dari kulit manusia dewasa.

Mengubah Kulit Menjadi Darah Manusia

Temuan terobosan tersebut bisa saja berarti bahwa ke depan, orang-orang yang akan membutuhkan darah untuk operasi, perawatan kanker atau perawatan penyakit lain yang berhubungan dengan darah seperti anemia, bisa mendapatkan darah yang dihasilkan dari sepotong kulit mereka sendiri untuk transfusi. Uji klinis kemungkinan bisa dimulai tahun 2012.

Mick Bhatia yang merupakan direktur ilmiah McMaster's Stem Cell and Cancer Research Institute di Michael G. DeGroote School of Medicine beserta tim penelitinya juga menunjukkan bahwa konversi tersebut bersifat langsung. Membuat darah dari kulit tidak memerlukan langkah penengah yaitu mengubah sel punca atau sel induk kulit menjadi sel induk pluripoten yang bisa membuat banyak jenis-jenis sel manusia lainnya, kemudian mengubahnya menjadi sel induk darah.

"Kami menunjukkan bahwa hal ini berhasil dilakukan dengan menggunakan kulit manusia. Kami tahu bagaimana cara kerjanya dan yakin bahwa kami bahkan bisa mengoptimalkan prosesnya," tutur Bhatia. "Sekarang kami terus bekerja mengembangkan tipe lain jenis sel manusia dari kulit karena kita sudah memiliki bukti yang meyakinkan." Demikian seperti yang dikutip dari Physorg (07/11/10).

Penemuan tersebut direplikasi beberapa kali selama lebih dari dua tahun menggunakan kulit manusia baik dari yang tua maupun yang muda untuk membuktikan bahwa hal tersebut bisa dilakukan pada orang-orang dari berbagai usia.

"Temuan orisinil tersebut merupakan temuan pertama yang menunjukkan bahwa sel-sel kulit manusia dapat langsung dikonversi menjadi sel-sel darah melalui proses pemrograman tanpa melalui tahap pluripten. Menghasilkan darah dari kulit pasien itu sendiri memiliki potensi untuk menghilangkan masalah kecocokan serta kekurangan donor transplantasi sumsum tulang antigen leukosit manusia (HLA)," kata Christine Williams, PhD, Direktur Penelitian di Canadian Cancer Society Research Institute.

Categories:

Leave a Reply